Minggu, 28 April 2013

Taman Kampus Yang Indah



Dalam setiap pembangunan suatu tempat pasti ada dua unsur  yang ada di dalamnya yaitu bangunan/gedung dan lahan kosong/ruang terbuka yang ada di sekitarnya bangunan tersebut. Entah lahan kosong itu akan dibuat jalan untuk keluar-masuk menuju bangunan atau sebuah taman yang akan memberi keindahan pada bangunan itu, atau mungkin kedua-duanya. Begitu juga dengan kampus yang tak lepas dari beberapa gedung yang dihubungkan dengan jalan dan di sekitarnya terdapat taman.
Membahas tetang gedung kampus mungkin sudah banyak dibicarakan semua orang, akan tetapi saya akan membahas tentang taman di sekitar wilayah kampus UNNES. Adanya suatu taman di wilayah kampus dapat memberikan nilai positif karena fungsinya sebagai ruang terbuka hijau dan sebagai ruang sosial dimana semua masyarakat kampus dapat berkumpul melakukan kegiatan atau yang lebih dikenal sebagai tempat refreshing. Keberadaan taman-taman yang ada di UNNES sebenarnya belum dimanfaatkan secara maksimal walaupun dibeberapa titik sudah dimanfaatkan secara maksimal tetapi di titik lain seperti taman dekat gerbang utama UNNES dan taman dekat Koperasi Mahasiswa kesannya seperti hutan karena hanya terdapat pohon-pohon saja tidak seperti taman lainnya yang yang terdapat beberapa jenis tanaman, itu pun belum di titik lain yang dibiarkan begitu saja. Jika tiap-tiap fakultas mempunyai taman sendiri yang dikelola secara maksimal justru menambah keindahan dan bisa menjadi identitas masing-masing fakultas. Misalnya taman di tiap-tiap fakultas diberi patung sebagai ciri khas fakultas tersebut dan dibangun sebuah kolam sederhana jika memiliki lahan yang cukup luas.
Mendesain suatu taman tidak perlu memakan biaya yang terlalu banyak dan bukan hal yang sulit daripada mendesain ulang suatu gedung. Di dalam taman yang akan dibuat sebaiknya tidak hanya satu jenis tanaman saja mungkin beberapa jenis tanaman seperti bunga akan mempercantik keadaan taman itu, penambahan bahan bangunan atau bebatuan yang bervariasi juga bisa digunakan dalam mendesain taman, dan diusahakan tanah tidak dibiarkan kosong tanpa tanaman lebih baik diberi rumput agar terlihat lebih hijau.

Pemanfaatan lahan kosong sebagai ruang terbuka hijau harus diupayakan secara maksimal sehingga dapat memberi hubungan timbal-balik antara manusia dengan lingkungan. Salah satunya menciptakan taman kampus yang indah akan memberi rasa nyaman dan sehat terhadap lingkungan sekitar serta masyarakat kampus yang menikmatinya.

1 komentar: