Kamis, 25 April 2013

Green Campus and Green Architecture


Kesadaran manusia menciptakan gerakan hijau merupakan hal yang diupayakan semua orang untuk menyelamatkan bumi. Menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman, dan ramah lingkungan harus diikuti dengan tindakan nyata. Langkah ini sudah mulai banyak dilakukan oleh beberapa kampus perguruan tinggi di dunia tak terkecuali di Indonesia. Mewujudkan “Green Campus” yaitu lingkungan kampus yang sehat, nyaman, dan ramah lingkungan merupakan langkah konservasi yang dilakukan kampus UNNES saat ini. Konsep green yang dimaksud mencakup beberapa hal, yakni green planning dan design, green open space, green waste, green transportation, green water, green energy, green building, bahkan green community.
Saya akan membahas dua hal yang dibutuhkan untuk membangun UNNES menjadi green campus dari segi lingkungan ruang terbuka dan bangunan atau dalam istilah green open space dan green building. Pertama, green open space yaitu ruang terbuka yang mampu menjadi ruang publik yang sehat dan nyaman, serta mampu menjaga keseimbangan dan keselarasan ruang sosial dan individu masyarakat kampus. Kedua, green building yaitu suatu konsep bangunan di dalam kawasan kampus yang direncanakan, dirancang, dibangun, dan digunakan sebagai bangunan ramah lingkungan.
Menciptakan suatu gedung atau taman yang mempunyai nilai arsitektur berbasis green campus seharusnya hal yang di upayakan kampus UNNES. Gedung atau taman yang memiliki keindahan dan yang utama ramah lingkungan memberi nilai positif terhadap lingkungan. Seperti salah satu kampus di luar negeri yaitu kampus Hawkshead Royal Veterinary College di Potters Bar, Hertfordshire, Inggris. Proyek ini menawarkan restoran, berbagai gedung konferensi dan pertemuan, dan taman hijau. Bahan bangunan yang digunakan ramah lingkungan hingga penataan ruang yang indah dan hijau mewujudkan arsitektur hijau (green architecture).

Maka dari itu mari kita berlomba-lomba untuk mewujudkan gerakan hijau bukan di dalam kampus saja tetapi di masyarakat dan di manapun kita berada. Seperti halnya negara maju menciptakan suatu inovasi yang berguna bagi lingkungan dan solusi dari permasalahan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar